Info Seputar Ibu dan Balita

Tips Menerapkan Disiplin Pada Buah Hati

Tips Menerapkan Disiplin Pada Buah Hati

Masa – masa nakal balita adalah ketika balita berusia lebih dari 1 tahun. Balita akan sering memukul, menendang, menggigit bahkan meludah. Entah dalam kondisi marah ataupun ngambek. Anda sebagai orang tua yang bijaksana harus mengajari buah hati anda mengenai cara – cara yang tepat untuk meluapkan emosinya.
Tips Menerapkan Disiplin Pada Buah Hati
Tips Menerapkan Disiplin Pada Buah Hati

Orang Tua Harus Menjadi Contoh yang Baik 

Balita akan sering mencontoh apa yang sedang dilihatnya. Jadi jika balita sering melihat orang tuanya bertengkar, marah – marah maka balita akan menganggap bahwa perlakuan seperti itu boleh dilakukannya juga. Jadi sebagai orang tua yang bijaksana, hindari pertengkaran di depan buah hati anda. Jadi sebelum balita meniru perbuatan buruk anda, maka ajarkan buah hati anda agar dapat mengendalikan perilakunya pada saat marah. Dan anda sebagai orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi buah hati anda.

Ajarkan Buah Hati Anda Untuk Tidak Selalu Minta Imbalan

Biasanya para orang tua akan memberikan permen atau mainan agar anak menjadi patuh dan menurut akan perintah orang tua. Hal tersebut sebenarnya kurang baik karena anak akan menjadi kecanduan akan hal tersebut serta secara tidak sadar buah hati anda telah diajarkan untuk selalu minta imbalan ketika disuruh apapun. Jadi tidak akan menjalankan perintah orang tua apabila tidak diberikan hal yang disukainya.

Selalu Tatap Mata Buah Hati Anda Ketika Berbicara

Ketika anda ingin berbicara kepada buah hati anda, maka lebih baik tataplah buah hati anda dengan penuh rasa kasih saying dengan cara berlututlah, tatap mata buah hati anda kemudian berbicaralah kepada buah hati anda dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti oleh buah hati anda.

Hargai Segala Usaha Buah Hati Anda

Seluruh anak di Dunia akan selalu berusaha membuat orang tuanya senang, apapun akan dilakukan pokoknya orang tuanya senang. Jadi anda sebagai orang tua yang bijaksana harus menyempatkan diri untuk selalu menghargai dan memperhatikan buah hati anda disaat buah hati anda berusaha sesuatu agar orang tuanya senang. Seperti halnya menghafal, berhitung dan lain sebagainya. Tindakan menghargai ini akan membuat buah hati semakin senang dan akan melanjutkan aktifitas positifnya di kemudian hari.

2 comments

Waahh sangat bagus post nya ^_^

Thank Atas Kunjungannya..