Info Seputar Ibu dan Balita

Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa – masa penting bagi seorang bunda. Maka dari itu bunda harus selalu menjaga kesehatan dan juga asupan – asupan nutrisi dan gizi pada saat masa kehamilan. Hal ini penting dilakukan agar janin yang dikandung menjadi sehat dan ketika lahir akan menghasilkan bayi yang lucu, sehat, pintar, imut dan juga aktif.

Pada masa kehamilan, bunda tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan seperti gorengan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kaya akan kalori, kemudian kopi dan lain sebagainya. Bunda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil
Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil
Asupan gizi pada saat kehamilan sangat penting untuk memenuhi gizi ibu dan janin yang dikandungnya. Berikut Jenis Gizi yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Kalsium

Kalsium sangat penting dibutuhkan ketika bunda sedang hamil. Karena kalsium akan membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain baik untuk bayi, apabila bunda rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, maka bunda akan terhindar dari resiko penyakit osteoporosis (tulang keropos). Makanan yang mengandung banyak kalsium diantaranya keju, sayur – sayuran, buah – buahan dan juga keju.

Asam Folat

Asam folat dibutuhkan untuk proses pembentukan sel dan sistem saraf janin. Jika bunda kurang mengkonsumsi asam folat maka yang terjadi pembentukan sel dan sitem saraf akan terganggu. Hal ini akan mengakibatkan bayi akan lahir dengan berbagai kelainan. Makanan yang banyak mengandung asam folat adalah beras merah dan sayur – sayuran.

Protein

Ibu hamil harus selalu mengkonsumsi makanan dengan kandugan protein yang tinggi. Hal ini karena protein berperan aktif dalam pembentukan sel dan darah. Selain itu protein juga merupakan sumber kalori dan zat pembangun imun. Makanan yang banyak mengandung protein adalah tahu, tempe, kacang – kacangan dan juga daging.

Vitamin

Berbagai jenis vitamin juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Seperti vitamin A B C D B Kompleks dan lain sebagainya. Vitamin sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan gusi, menghindari kerusakan otak, melindungi jaringan – jaringan dari organ tubuh, dan membantu proses pembentukan tulang bayi. Makanan yang mengandung banyak vitamin sangat banyak sekali beredar di pasaran seperti buah – buahan, sayuran, telur dan juga ikan.