Info Seputar Ibu dan Balita

5 Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

5 Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

Balita memiliki tekstur gigi yang rentan akan kuman dan juga bakteri, yang menyebabkan gigi balita rusak, keropos, busuk dan berlubang. Untuk itu orang tua harus senantiasa menjaga dan merawat gigi si kecil agar tetap dalam kondisi sehat khususnya menjaga gigi agar tidak berlubang.

Ada banyak sekali metode dan cara menjaga dan merawat gigi si kecil dari mulai sikat gigi yang rutin. Tetapi apakah dengan menyikat gigi saja, gigi si kecil akan terhindar dari segala jenis penyakit gigi? Tentu tidak. Berikut 5 Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita
5 Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita
5 Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Balita

Merawat Kesehatan Mulut

untuk menjaga kesehatan mulut, tentu saja dengam menggosok gigi secara teratur. Gunakan pasta gigi khusus balita dan gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, jadi aman untuk gigi dan gusi si kecil. Atau bila belum bisa sikat gigi, cukup bersihkan gigi dengan kain lembut dan air hangat.

Biasakan Si Kecil Untuk Tidur Tanpa Mengisap Dot

Dokter gigi selalu menyarankan untuk tidak membiarkan orang tua memberikan botol susu maupun jus kepada si kecil ketika tidur. Karena cairan manis seperti jus dan susu akan menempel pada gigi si kecil yang berakibat bakteri yang ada pada gigi akan tumbuh dengan subur. Dengan pertumbuhan bakteri yang cepat, maka bakteri dengan mudah menghasilkan asam mulut yang dapat memicu terjadinya gigi berlubang.

Hindarkan Pengobatan Si Kecil Dengan Rasa – Rasa

Banyak sekali beredar obat – obatan khusus balita yang diberikan perasa tembahan atau flavors. Hal ini kurang baik digunakan apabila flavors menempel pada gigi si balita, akan menyebabkan gigi mudah rusak. Karena kandungan perasa pada obat – obatan tersebut mengandung candida atau ragi yang dapat menyebabkan infeksi berupa jamur yang menempel pada mulut, gusi dan gigi. Jadi usahakan minum air putih setelah si kecil minum obat – obatan yang memiliki rasa.

Ganti Botol / Dot Dengan Cangkir

Putting palsu pada Dot apabila tidak dibersihkan dengan baik akan mengakibatkan jamur menyebar dengan cepat di bagian mulut bayi. Jadi biasakan si balita untuk minum dari cangkir atau gelas.

Periksa Ke Dokter Sejak Dini Secara Rutin

Sejak si kecil berusia 1 tahun, kenalkan buah hati anda dengan dokter gigi. Agar dokter bisa memberikan resep – resep ampuh untuk gigi si kecil, agar buah hati anda selalu terhindar dari penyakit gigi berlubang.

1 comments:

nice artikel gan , cocok deh ini tips nya buat adek ane yg masih kecil :3